Minggu, 19 Juni 2016

Keistimewaan Ramadhan


Assalamu'alaikum blogger, udah lama gak posting ya? Hehe. Apa kabar? Semoga kalian baik baik saja. Alhamdulillah aku masih diberikan kesempatan oleh Allah SWT untuk menemui Ramadhan yang ke17 kalinya. Ya, Alhamdulillah pada 4 Juni kemarin aku beranjak 17 tahun, hehehe. Semoga diumur yang semakin dewasa ini sisa hidup aku bisa dijalanin dengan niat yang baik untuk mengisi waktu dengan yang lebih bermanfaat. Aamiin.
Oiya, bagaimana dengan puasanya yang sudah berjalan 2 minggu ini? Semoga sobat sekalian diberkahi oleh Allah ya puasanya hehe. Aamiin.

Kalian tau kan apa aja yang membuat ramadhan itu begitu spesial?
1. Ramadhan adalah bulan terindah daripada 1000bulan. Kenapa? Karena ramadhan punya keistimewaan daripada bulan bulan yang lain loh. Yuk cari tau lebih lanjut.
2. Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk  bertaubat. Kenapa? Karena ramadhan adalah pintu ampunan, dimana setiap orang yang melakukan kebaikan akan dilipat gandakan, sementara pintu pintu taubat terbuka lebar. Eit, tapi hati hati apabila kita melakukan keburukan di ramadhan, siapa tau Allah lipat gandakan pula dosanya. Iiihh, naudzubillahimindzalik. Wallahu'alam.
3. Ramadhan itu keren. Dimana waktu itu Al Quran turun di Bulan ini tepatnya tanggal 17 Ramadhan. Yap, kita sering mengenalnya dengan Nuzulul Qur'an. Alhamdulillah kalo gak ada al Quran waktu itu bisa gawat hidup kita sekarang tanpa pedoman. Pasti orang orang bisa sangat jahat terhadap bumi-Nya bahkan kehidupan-Nya.
Selain itu ada banyak deh keistimewaan Ramadhan yang gak bisa disebutin satu persatu karena saking istimewanya haha. Eits, tapi jangan lupa ya sobat, karena Ramadhan adalah bulan yang melipatgandakan pahala, ayok kita berlomba lomba dalam kebaikan.. Bagaimana caranya?  Apa aja sih yang harus kita lakukan?
1. Mengerjakan Sunnah-Nya
Nah, di bulan yang Suci ini kita sebaiknya perbanyak kegiatan positif dan menjalankan Sunnah-Nya. Seperti tarawih, tahajud, dhuha, dll.
2. Membaca Al-Quran
Ya, sebenarnya gak harus bulan Ramadhan bacanya, tapi apasalahnya kita memperbanyak membaca Al-Quran? Haha siapa sih yang nggak mau pahala berlipat ganda dari setiap huruf yang dibacakan? Alhamdulillah Allah begitu baik ya sama kita. Nah, dengan banyak membaca al-Quran kita harus bisa membuat target khatam, minimal 3 kali lah hehe. Semangat!
3. Bersedekah
Yap, bersedekah dibulan ini banyak caranya. Gak cuma ngasih ke masjid dan pengemis/fakir miskin dijalan, tapi pada bulan ramadhan ini kita bisa memberi berbuka puasa kepada musafir dan fakir miskin, memberikan makan sahur, berzakat, dan juga pembagian keperluan rumah tangga ketika menghadapi hari Raya. Wih, kebayang kan pahala yang Allah berikan begitu banyak. Alhamdulillah hehe.
4. Itikaf di Masjid
Yaitu mendekatkan diri kepada Allah pada 10 malam berakhir ramadhan, karena pada saat itulah kita bisa menemukan malam lailatulkadar yaitu puncak dari bulan ramadhan. Itikaf di masjid artinya kita melakukan segala kebaikan didalam masjid, dan pada saat itulah kita bisa benar benar merasa bahwa Allah dekat sekali dengan kita.
Nah, kira kira itu sedikit gambaran keistinewaan Ramadhan. Intinya, kita harus melakukan kebaikan kapanpun dan dimanapun, yang jelas kita harus perbanyak kebaikan tersebut pada bulan ini, bulan Ramadhan, karena Allah pasti memberikan ganjaran kepada siapa yang melakukannya dengan ikhlas dan ridho. Semoga kita selalu berada di jalan Allah.. Aamiin.
Wassalamu'alaykum wr.wb
Reaksi:

0 komentar: