Kamis, 01 November 2012

Sempurna itu bagaimana sih?




Manusia di dunia ini memang nggak ada yang sempurna. Mau guru, profesor, murid, ikhwan, akhwat, polisi, hakim, hingga ustad dan kiyai pun nggak ada yang sempurna. Setidaknya, cuma terdapat perbedaan pahala sama dosa. Yang sempurna cuma Allah SWT aja. Jadi jangan merasa jadi orang yang sempurna. Tapi, tahu nggak sih, manusia juga ada sih yang dibilang sempurna, tapi bukan sempurna untuk dimata Allah, dimataa..................... ehm.
IKHWAN

Ekhm, ikhwan. Dengar dengar dan dengar. Ikhwan sejati bisa dinyatakan sempurna apabila dia memiliki kepribadian yang HARUS dimiliki oleh setiap ikhwan.
1. Suka membantu satudaranya yang sedang dilanda kesulitan dan memperhatikan kebutuhannya.
2. Penyabar dan lemah lembut.
3. Memberikan pujian kepada saudaranya yang mendapat kesuksesan.
4. Tidak membuang muka kepada orang yang berbuat Maksiat.
5. Tidak bersifat sombong dengan predikat ikhwan dengan tidak merasa sok suci.
6. Saling menasihati dalam kebajikan.
7. Supel namun tetap Syar'i
8.Jauhi kebiasaan buruk seperti kecanduan game, tidur ba'da shubuh, maniak bola, dan nggak rapi.

Kepribadian diatas angat berguna banget loh buat ikhwan, aku dapet ini dari salah satu buku tentang ikhwan khusus, sebenarnya bukan punya aku, tapi punya kakak, karena kakak aku seorang laki-laki. Selain itu, keahlian dan skill yang HARUS dimiliki oleh ikhwan adalah....

1. Mampu berbahasa Arab dengan baik dan benar.
2. Menguasai beberapa bahasa inggris, minimal ya bahasa inggris.
3. Produktif dalam menulis.
4. Punya keahlian dalam berwirausaha.
5. Menguasa ilmu komputer dan internet.
6. Menguasai keahlian tertentu.
7. Bisa mengendarai kendaraan.
8. Mahir berkomunikasi.
9. Menguasai salah satu cabang beladiri.

Skill diatas juga penting, ikhwan. Soalnya, akhwat sholihah hanya ingin ikhwan yang seperti itu. Gampang kan? Wkwkwkwk. Berusahalah menjadi ikhwan yang baik hari dan seperti diatas, dan jangan lupa ikuti shunnah nabi ;)

AKHWAT

Akhwat, aku punya tips juga nih, bagaimna jadi pribadi akhwat yang baik dan sholihah dan seperti keinginan ikhwan sholih. Bagaimana?

1. Menjaga diri dan kehormatannya dimanapun ia berada.
2. Menurut auratnya dengan rapi.
3. Berakhlak mulia.
4. Tidak menyerupai pribadi seperti wanita Yahudi dan Nasrani.
5. Tidak berlebih lebihan dalam berpakaian (Tabarruj)
6. Selalu berdzikir dimanapun berada.
7. Berpegang teguh terhadap Al-Quran dan shunnah Rasulullah.

Naah, bagaiman tipsnya ikhwan dan akhwar? Ayo berlomba lomba untuk menjadi ikhwan dan akhwat yang sholih dan sholihah. Kalau niatnya baik, Insya Allah kita bisa menjadi sedemikian kok. Ayolah berusaha, nggak ada salahnya kok, apalagi dimata Allah. Walau dimata-Nya kita bukan saja orang yang sempurna, tapi kenapa tidak untuk ke syurga, kita bangun jalan yang sempurna mulai dari hal yang sekecil ini. Iya tidak?
Reaksi:

0 komentar: