Minggu, 08 April 2012

Kaligrafi? Hmm..



Kaligrafi itu diibaratkan seperti grafiti dengan bahasa arab. tulisannya susah sekali untuk dibuat. teknik yang bener harus dipelajari dulu sebelum kita membuatnya. hmm. aku seneng menggambar, tapi aku kurang suka mewarnai. karena mewarnai itu harus butuh ide yang banyak. waduuuh.




Awalnya, aku ikut lomba pada acara sekolah UQCelebration, dan aku ikut kaligrafi. mulanya, aku juga ga tau ternyata aku bakalan didaftarin ke lomba kaligrafi.
"ayo, anak anak, yang tulisan arabnya bagus kita ikutkan saja ke kaligrafi, bagaimana?" Usul Ustadzah herna, guruku.
"Acaaaaaaaaaaaaa!!!!!" semua langsung terika namaku.

Aku hanya terdiam bingung, padahal masih banyak temeanku yang tulisan arabnya sangat bagus dan bahkan lebih bagus dariku. tapi dan dari situlah aku harus mengenal kaligrafi.karena kalo nggak, aku ga bakal bisa. -_-

Aku nggak bisa bikin kaligrafi. aku ga bisa bikin tulisan kayak gitu, apalagi pake bahasa arab. demi 7c, aku mau untuk berusaha dan belajar. mulai saat itu, aku browsing gambar2 kaigrafi dan aku mulai mencontohnyaa.
satu demi satu aku pelajari. bacaan bismillah, alhamdulillah, lafadz Allah, dan Muhammad. aku baru belajar sedikit tentang kaligrafi. dan yang aku bisa cuma itu.

hari H tiba, aku harus berusaha supaya aku menang. aku sih cuma berharap semoga yang jadi bahan lomba, cuma yang aku pelajari aja. ternyata bener, bahan lombanya bacaan Bismillah dan Muhammad aja, semakin mudah untuk aku coba. akhirnya aku memilih membuat bismillah.

sorenya, pengumumanpun tiba. tadinya aku udah mau pulang, asanya hari itu lelah sekali. sebagian murid udah pulang lebih dulu, jadi pengen ikutan. tapi katanya tanggung, karena pengumuman akan segera dilakukan. hmm.. yaudah lah. akhirnya aku menunggu pengumuman itu. ternyata ga sia sia aku nunggu, aku meraih juara 1. sebenernya nggak nyangka. soalnya baru tau kaligrafi itu cuma beberapa hari yang lalu. hmm.. tapi mungkin ini keberuntungan., wkwkwk.

Kemarin, aku ikut lomba kaligrafi lagi. itupun ditunjuk sama teman teman. gapapa sih, soalnya waktu itu udah punya pengalaman, walau aku berfikir pasti yang ini lebih berat, karena acara ini melawan sekolah sekolah lain. awalnya, sama pak didin (guru yang ngajarin kaligrafi) cuma diajarain bikin huruf hijaiyah yang baik dan benar, itu juga ga gampang loh! spidolnya harus dipotong biar jadi miring, pegang spidolnya juga nggak boloeh sembarangan dan hasilnya harus tebal tipis. beuh, latihan huruf doang sampe bisa 3 hari, padahal setiap hari kalau nulis tulisan arab ga sampe merhatiin tebal tipisnya, hadeuh.

daan, setelah huruf hijaiyah bisa aku pelajari, aku langsung disuruh bikin kaigrafi dan harus diwarnani. padahal nggak diajarin sama pak didin, wah, males deh jadinya, padahal tuh kalau latihan suka ga niat. wkwkw. habis gurunya ga fokus banget sih. yaudah lah, kita coba aja bikin kaligrafi yang disuruh pak didin. trus kita warnai pake krayon.

semuanya udah jadi, pas aku diliatin sama pak didin, yang ngeselinnya lagi, pak didin tuh cuma bilang, "bagus bagus, bawa pulang!" huh, udah capek2 bikin ternyata harus dibawa pulang. astaghfirullaaaaah. pokoknya itu tuh butuh banget perjuangan buat bisa bikin UQ dan orangtua bangga.

beberapa hari lalu, kita disuruh meeting sama panitia. katanya sih perwakilan aja. oke, kita tunggu kakak kelas untuk kasih kabar. ternyata besoknya, kata kakak kelas itu, kita akan lomba menggunakan cat minyak. aku langsung cengo.
"loh? bukannya kita belajar pake krayon?" tanyaku panik.
"iyaa,tapi disuruhnya pake cat minyak."
"yaallaaah, kenapa mendadak? padahal aku udah beli krayon :(" mukaku langsung cemberut dan bingung.

kemarinnya, aku udah ke gramedia untuk beli krayon. papa juga udah bela2in pulang dari kantor lebih awal untuk nemenin aku ke gramedia. aduh, kasian papanya :( kan sayang kalau krayonnya ga dipake lagi. apalagi krayonnya mahal dan sehari aku bisa menguras uang papa 150rb.

dengan berat hati, malamnya aku bilang ke papa kalau lomba ga jadi pake krayon, tenyata harus pake cat minyak. papa yang sedang itu baru saja pulang dari kantor dan duduk kelelahan di sofa, kemudian ia memakai kembali jaket dan helmnya, ia langsung membeli cat minyak ke toko terdekat walau waktu kian larut menunjukkan jam 9.00 malam.

aduh, rasaku mulai panik. kasian papa, kemarin uangnya udah terkuras gara2 beli krayon, ternyata saat itu juga ia harus beli cat minyak. ia sengaja bela2in buat aku. segitu sayangnya kah papa? yaallaah. aku jadi merasa bersalah dan ngerepotin :(

1 jam kemudian, papa kembali datang. keadaan mulai tidak panik karena papa pulang tidak dengan tangan kosong. ia membawa sekantung plastik hitam. ketika aku buka, itu cat. waah, akhirnya. tapiiiii, ketika aku baca lagi, itu cat air, buka cat minyaaak. :( gagal lagi deh.
"pah, ini kan cat air, bukan cat minyak."
"Hah? cat minyak yah harusnyaa? aduh, salah lagi papa"

perasaanku udah ga enak lagi, aku ngerti, papa juga pasti banyak pikiran yang harus diselesaikan. apapa deh. tapi tenyata, suara motor terdengar lagi, papa kembali ke toko yang tadi. dalam batinku, "aduh, papa balik lagi buat beli cat minyak. apa aku ga ngeberatin? kasian papa yaallah." rasanya pengen nagsi saat itu, ditambah aku lagi marah sama temen aku yang bikin kepala aku mumet ga menentu. aduh, kaligrafi, temen? ini semua bikin aku pusing dan stres!!!!!

hati aku menangis. pengen rasanya kaligrafi itu jadi ga dijalanin. semangat udah ga ada, dan ga ada yang nyemangatin yang bisa buat aku senyum. ga ada semua!!!!!
pas papa pulang, kali ini tangannya kosong.,  beliau bilang, tokokya udah tutup. aduh, maaf yah pah, jadi bikin repot kayak gini.

Akhirnya, aku mau nenangin batin dan persiapin buat besok. aku tau cat minyaknya ga ada, jadi aku cari pinjeman ke temen2 aja. ternyata ga ada yang punya. aduh, harus gimana untuk besok? aku aja sampe nangis mikirin buat kaligrafi. astaghfirullaaah. pasrah lah saya mah pasrah. aku udah ga ada semangat lagi.. wuh.

besok pagi, ada yang sms aku. masih shubuh tuh. ternyata seseorang itu punya cat minyak. wkwkw. semangat aku kembali terkumpul. hahaha. akhirnya aku udah mau lomba lagi, walaupun masih jengkel sama temen2 itu tuh, trio-_-

waktu kemarin, aku dateng agak awal. baru ada sedikit temenku yang dateng. ruangan di lantai dua udah siap untuk ikut serta dalam lomba. ketika masuk kelas 7C, ternyata disinilah aku akan berlomba nanti. baiklah, aku harus siap. walaupun sedikit ragu dan nggak yakin :/

bel berbunyi. tandanya aku harus memimpin temen2 untuk berdoa dan membaca al-ma'tsurat. lalu, kita semua masuk kelas.
terus, waktu kita masih tersisa15 menit. aku dan teman2 memanfaatkan waktu untuk sholat dhuha. Setelah jam 8.00 kita turun dan pembukaan dimulai. setelah pembukaan selesai, ternyata pengumuman ruangan udah terngiang. tandanya, aku harus udah masuk ke ruangan kaligrafi. aku registrasi dan duduk di lantai. akusih cuma berdoa aja semoga bisa dan menang, aku cuma punya semangat, "aku ga boleh liat karya milik lawan, aku harus optimis sama karya aku sendiri, aku nggak boleh ngadep ke belakang!!" aku selalu berfikir sedemikian saat aku membelakangi lawan, karena kalau aku melihat karya milik orang lain, nanti aku ga PD sama karya sendiri.

waktu lomba dimulai. juri hanya memberi waktu sekitar 2 jam. wah, waktunya yang cukup singkat. aku dapet sebuah hadist, itulah yang harus aku tulis. hem, cukup panjang dengan kertas sekecil A3, kurang percaya diri rasanya. huh.

aku optimis menulis, lalu aku warnai kaligrafinya terlebih dahulu, baru backgroundnya. kaligrafinya berwana hijau. backgroundnya akan ada langit gradasi dan sungai mengalir di tengahnya, itulah ide yang udah terpikir di kepalaku. yaudah lah itu aja, mau menang kalau yang penting aku udah usaha.

tanganku pegel ketika ditengah2 waktu, aku berhenti sejenak dan lihat karya kakak kelasku. pengen liat sih yang punya lawan, tapi nanti jadi ga PD. gausah lah. akhirnnya aku mulai lagi melukis. ketika waktunya 5 menit lagin, perasaan aku langsung bingung, dan aku harus cepet2 nih, ternyata ga kerasa, sementara sungai punyaku belum sama sekali di cat. walaaah, ini gimanaaa?????

akhirnya, sungainya ancur dan gara2 terburu2 jadi jelek. ga semaksimal lainnya, gapapadeh yang penting tepat waktu. dalam batinku. perlombaan selesai. ternyata capek juga. setelah itu aku sholat. daripagi belum makan, ternyata siangnya juga ga ada katering (karena ikut katerng bu ita.) huh, lapaaaar~ sementara uangku tinggal 10rb. pada sih 43rb lagi, tapi itu udah aku sisihkan untuk nonton dan ongkos pulang. huh. akhirnya aku nggak makan tuh seharian.

mau berangkat nonton.. ternyata pengumuman hasil 2 jam lagi akan diberitahu. ah, males. masih lama, nanti ketinggalan nonton. bodohnya,aku malah mentingin nonton daripada hasil lombanya. wkwkw. yaudah lah, ntar aja. palingan nanti diwakilin. pikirku.

waktu aku udah nonton, Nisa temanku sms, katanya aku juara 1 lomba kaligrafi,. awalnya aku nggak percaya, karena aku aja baru belajar cuma huruf hijaiyah doang, masa aku menang sih? aneh bengeeeet. melukis ake cat air aja nggak bisa, itu juga dadakan banget, ga sempet belajar untuk melukis. dalam sela menonton, aku terus nanya2 ke nisa, itu beneran atau nggak. trus hanifah juga ngasih tau ke aku. waah

ternyata usaha ga sia2 selama ini. aku meraih juara 1. aku dapet sertifikat dan uang juga piala. tapi pialanya ada disekolah,. hahaha. aduh, bersyukurnya aku. makasih ya Allaaaah :D walau ga makan seharian, aku menang juga ternyata. alhamdulillaaaah. dan akhirnya aku senang dan bahagia, walau heran aku bisa jadi pemenangnya (?) wkwkwk~

Reaksi:
This entry was posted in

0 komentar: